5 Elemen Unsur Komunikasi Organisasi / Perkantoran - Kolom Info

Unsur UnsurKomunikasi Perkantoran:
1. Sumber (komunikator).
Sumber selaku pembuat atau pengirim informasi. Dalam komunikasi antarmanusia , sumber dapat berisikan satu orang , tapi bisa juga dalam bentuk kalangan atau organisasi. Sumber sering disebut pengirim , komunikator , atau dalam bahasa inggrisnya disebut source , sender , atau encoder.


Unsur komunikasi


2. Pesan.
Pesan yakni sesuatu yang disampaikan pengirim terhadap penerima. inti pesan dari komunikasi akan senantiasa mengarah terhadap tujuan final komunikasi itu.



Unsur elemen komunikasi 

3. Media.
Media yakni alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber terhadap penerima.
Unsur komunikasi perkantoran


4. Penerima (komunikan).
Penerima yakni pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Dalam proses komunikasi sudah dipahami bahwa eksistensi peserta yakni jawaban alasannya yakni adanya sumber. Tidak ada peserta bila tidak ada sumber.




Gambar elemen Unsur Komunikasi Perkantoran

5. Umpan balik.
Hal-hal menyerupai itu menjadi respon balik yang diterima oleh sumber.

Jenis-jenis feedback:
a. zero feedback (pesan tidak  dimengerti oleh komunikan).
b. positive feedback (pesan dimengerti oleh komunikan).
c. neutral feedback (respon yang tidak memihak atau tidak mendukung ataupun menentang).
d. negative feedback (respon yang bersifat merugikan atau menyudutkan komunikator.




Unsur elemen komunikasi organisasi
:

FUNGSI MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN.

1. Pleaning (perencanaan).
Perencanaan ini meliputi proses penetapan tujuan dan cara pencapaian tujuan tersebut.
    2. Organizing (pengorganisasian).
    Setalah menentukan tujuan dan menghasilkan aktivitas cara pencapaiannya , selanjutnya manajer mesti secepatnya mendesain dan menyebarkan organisasi yang hendak melakukan aktivitas itu dengan baik.Setiap perusahaan memerlukan jenis organisasi yang berbeda-beda sesuai dengan maksudnya masing-masing. Makara jenis organisasi yang dikehendaki yakni sesuai dengan tujuannya. Contoh , organisasi suatu perguruan tinggi tinggi berlainan dengan perusahaan konveksi.
      3. Actuatting (pengarahan).
      Setalah menghasilkan penyusunan rencana , membentuk struktur organisasi dan penempatan kerja , langkah selanjutnya yakni mengarahkan jalannya organisasi biar hingga tujuan. Dengan kata lain , mengajak atau menggerakan anggota organisasi untuk melakukan pekerjaan dengan cara yang hendak membantunnya untuk meraih tujuan.
        4. Controlling (pengendalian).
        Fungsi pengendalian ini meliputi 3 hal , yakni :
          • Menetapkan tolok ukur prestasi.
          • Mengukur prestasi yang diraih dan membandingkannya dengan tolok ukur yang sudah ditetapkan.
          • Mengambil langkah-langkah untuk koreksi pada prestasi yang tidak menyanggupi standar.
          RelatedPosts

          Tidak ada komentar untuk "5 Elemen Unsur Komunikasi Organisasi / Perkantoran - Kolom Info"